Sinergi Penguatan Ekonomi Daerah Berbasis Kemitraan Melalui Menara Vokasi

- 9 Desember 2021, 11:24 WIB
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud Ristek menggelar Gebyar Menara Vokasi Tahun 2021, di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada Selasa 7 Desember 2021.
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud Ristek menggelar Gebyar Menara Vokasi Tahun 2021, di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada Selasa 7 Desember 2021. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud Ristek menggelar Gebyar Menara Vokasi Tahun 2021.

Gebyar Menara Vokasi Tahun 2021 dilaksanakan secara serentak di lima daerah, yaitu Medan, Sumatera Utara; Pekanbaru, Riau; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; dan Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Gebyar Menara Vokasi Tahun 2021 merupakan puncak dari pembentukan akselerator daerah yang diinisiasi oleh satuan pendidikan vokasi bersama para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), asosiasi dan organisasi kemasyarakatan, serta media massa.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto, memberikan apresiasi atas upaya dari setiap wilayah yang telah berhasil membentuk akselerator daerah yang berbasis kemitraan lima unsur kekuatan dalam pengembangan potensi (pentahelix).

Meskipun demikian, menurut Wikan, dalam kemitraan yang terpenting bukanlah gebyar acaranya, tetapi komitmen bersama untuk mewujudkan pendidikan vokasi yang selaras dengan kebutuhan industri serta relevan dengan pembangunan, baik di daerah maupun di skala nasional.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Meraih Anugerah Meritokrasi KASN 2021, Predikat Sangat Baik

"Vokasi tidak mungkin berjalan sendiri. Ketautsesuaian (link and match), untuk bisa link mungkin tidak sulit, tapi untuk match ini masih menjadi tantangan. Kita harus tinggalkan cara tradisional. Jangan kita mendidik dengan keyakinan sendiri yang ternyata sudah tidak relevan dengan kebutuhan industri yang kebaruannya begitu cepat," tutur Wikan yang hadir langsung di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada kegiatan Gebyar Menara Vokasi di Kolaka, Selasa 7 Desember 2021.

Fokus pembentukan akselerator daerah sendiri mengacu pada program destinasi super prioritas dan pembangunan ekonomi di kawasan 3T. Seperti di wilayah Toba, Sumatera Utara, dan Labuan Bajo, NTT, yang membutuhkan SDM terampil untuk pengembangan kawasan wisata.

"Peluang ini tentunya dapat diisi oleh para lulusan vokasi yang merupakan putra-putri daerah setempat," tuturnya.

Baca Juga: Sebanyak 289 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 Ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah