Program Ayo Kursus Dorong Generasi Muda Tingkatkan Kompetensi

- 20 November 2021, 21:12 WIB
Ilustrasi menjahit.* Program Ayo Kursus bisa mendorong generasi muda untuk meningkatkan kompetensi serta mendapatkan keterampilan.
Ilustrasi menjahit.* Program Ayo Kursus bisa mendorong generasi muda untuk meningkatkan kompetensi serta mendapatkan keterampilan. /- Foto : Instagram @blkppdiy

Literasi News - Program Ayo Kursus yang digulirkan Kemendikbud Ristek diharapkan bisa mendorong generasi muda untuk meningkatkan kompetensi, serta mendapatkan keterampilan baru yang sesuai.

Menurut Sekretaris Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendkbud Ristek Wartanto, Program Ayo Kursus untuk mendorong generasi muda melakukan 'reskilling' dan 'upskilling'.

"Ditingkatkan kompetensinya, diberi keterampilan baru, yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya di Jakarta, Sabtu 20 November 2021, seperti dilansir Antara.

Melalui program tersebut, tutur dia, generasi muda bisa mendapatkan keterampilan baru sehingga dapat lebih terserap ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Selain itu, menempatkan mereka tidak hanya pekerja tetapi juga dapat dibimbing agar bisa berwirausaha.

Program itu sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar yang diusung Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga: Ini Tiga Poin Penting yang Harus Dimiliki Perguruan Tinggi, Simak Penjelasan Kemendikbud Ristek

Selain itu, tambahnya, upaya Kemendikbud Ristek menumbuhkan kembali harapan anak-anak yang putus sekolah agar melanjutkan aktivitas belajar.

Program tersebut menjadi bukti bahwa pendidikan vokasi merupakan salah satu solusi untuk melakukan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam mewujudkan Merdeka Belajar.

Salah satu peserta didik program kursus dan pelatihan, Wayan Martini Asih, mengatakan lembaga kursus dan pelatihan tempatnya menambah ilmu selalu menanamkan nilai-nilai yang baik, seperti memiliki jiwa religius yang tinggi, berkomunikasi efektif, sikap yang baik, pengembangan bakat, dan dapat bekerja sama dengan yang lainnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah