Ini Tiga Poin Penting yang Harus Dimiliki Perguruan Tinggi, Simak Penjelasan Kemendikbud Ristek

- 20 November 2021, 20:25 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi.* Berikut tiga poin penting pada Perguruan tinggi menurut Kemendikbud Ristek. Apa Saja? Simak penjelasannya.
Ilustrasi perguruan tinggi.* Berikut tiga poin penting pada Perguruan tinggi menurut Kemendikbud Ristek. Apa Saja? Simak penjelasannya. /Pixabay/McElspeth/

Literasi News - Berikut ada tiga poin penting yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Menurut Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbud Ristek, Prof Nizam, terdapat tiga hal penting pada perguruan tinggi yakni kualitas, relevansi dan atraktivitas.

"Dengan kualitas ini sangat penting, karena bila kita tidak menjaga kualitas maka kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi akan luntur dan akan ditinggalkan. Perguruan tinggi agar berkualitas yaitu tata kelolanya harus profesional," kata Nizam dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu 20 November seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Pola Pendidikan Harus Berubah Seiring Zaman, Literasi Digital Berperan Penting

Baca Juga: Mendikbud Ristek Harapkan Mahasiswa Tetap Semangat Ikuti Program Kampus Merdeka

Terkait relevansi, menurut Nizam, jangan sampai dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi jauh dari kebutuhan di masyarakat. Untuk itu, relevansi pendidikan tinggi sangat penting dijaga, agar perguruan tinggi tetap dibutuhkan oleh masyarakat.

"Relevansi artinya kampus merdeka, bagaimana kita bawa profesional, pelaku dunia usaha ke dalam kelas, petani-petani modern kita bawa ke dalam kelas, kita bawa kelas menjadi problem best learning dan project best learning,” katanya.

Adapun terkait kampus atraktif, Nizam menekankan, saat ini yang diharapkan mahasiswa adalah ruang diskusi, interaksi, membangun ruang dialektikal, berinteraksi antarmahasiswa dan dosen, menjadikan kampus yang dinamis.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah