Mendikbud Ristek Harapkan Mahasiswa Tetap Semangat Ikuti Program Kampus Merdeka

- 18 November 2021, 18:26 WIB
Suasana program Bincang Kampus Merdeka, antara Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dengan delapan mahasiswa perwakilan peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual.
Suasana program Bincang Kampus Merdeka, antara Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dengan delapan mahasiswa perwakilan peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengharapkan agar para mahasiswa tetap semangat dalam mengikuti program kampus merdeka.

Mahasiswa juga diharapkan bisa berkontribusi dalam pengembangan peran pemuda bagi masa depan Indonesia.

Hal itu terungkap dalam program Bincang Kampus Merdeka, antara Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dengan delapan mahasiswa perwakilan peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual, kemarin.

"Saya mau dengar cerita dari adik-adik yang ada di sini. Saya ingin adik-adik semangat mengikuti program kampus merdeka serta bisa berkontribusi dalam pengembangan peran adik-adik di masa depan Indonesia," ujar Nadiem Makarim, dalam laman resmi Kemendikbud Ristek.

Dalam diskusi tersebut, turut mendampingi pelaksana tugas (plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti dan Ristek), Nizam, yang juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa peserta program MBKM.

Melalui MBKM, menurut Nizam, para mahasiswa dapat mengembangkan diri dan potensi yang telah merdeka melalui kolaborasi dengan dunia industri dan samudra kehidupan. "Saya berharap pengalaman itu bisa bermanfaat betul bagi kesiapan adik-adik untuk membangun masa depan yang jaya,” ujarnya.

Baca Juga: Mendikbud Ristek: Dunia Pendidikan Butuh Pemimpin Transformasional, Simak Penjelasannya

Salah satu peserta yang menyampaikan pengalamannya selama mengikuti program MBKM adalah Dewi Fortuna, mahasiswi Universitas Bina Nusantara yang sedang menjalani program magang bersertifikat di Traveloka Indonesia. Dewi menuturkan dirinya merasa sangat senang berkesempatan magang sebagai analis data.

"Banyak banget yang saya dapatkan dari program ini, bukan hanya teknikal tapi juga soft skill dan tantangan dimana saya harus beradaptasi dengan teknologi baru secara cepat. Terima kasih Mas Menteri, semoga program ini akan terus ada untuk ke depannya," ucapnya.

Menanggapi Dewi, Mendikbud Ristek memastikan pihaknya akan terus meningkatkan program magang bersertifikat di tahun kedua agar lebih sempurna. Kata Nadiem, pengalaman Dewi dalam menganalisis data adalah suatu kemampuan yang tinggi nilainya. "Tolong untuk semua mahasiswa di bidang apapun, kemampuan mengolah, memproses, dan menganalisis data itu penting sekali dan akan mahal," tuturnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x