Prioritaskan Penyandang Disabilitas Terima KIP Kuliah, Mendikbud Ristek: Kuota Beasiswa Sudah Disediakan

- 9 November 2021, 11:42 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan penyandang disabilitas agar diprioritaskan menjadi penerima KIP kuliah.
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan penyandang disabilitas agar diprioritaskan menjadi penerima KIP kuliah. /Kemendikbud Ristek

Literasi News - Mahasiswa penyandang disabilitas atau difabel perlu diprioritaskan menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, dalam acara "Kemenkeu Mengajar 6" yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa 9 November 2021.

Nadiem Makarim menjelaskan bahwa Kemendikbud Ristek telah menyediakan kuota beasiswa bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

"Melalui Afirmasi Pendidikan Tinggi atau ADik khusus difabel dan memprioritaskan difabel sebagai penerima KIP kuliah," ujarnya.

Baca Juga: Guru Jadi Ujung Tombak Bantu Menjaga Psikologis Siswa di Masa Pandemi

Selain itu, menurut Mendikbud Ristek, pemerintah juga memiliki Beasiswa Unggulan dan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mahasiswa penyandang disabilitas untuk melanjutkan studi hingga jenjang doktoral.

Dalam kesempatan itu, Nadiem Makarim memaparkan, akses mahasiswa penyandang disabilitas pada pendidikan tinggi dijamin dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. "Perguruan Tinggi pun tidak boleh menolak mahasiswa penyandang disabilitas untuk belajar di kampusnya," tutur Nadiem.

Baca Juga: Kompetisi Sains Nasional 2021, Sebanyak 2.179 Siswa Siap Beradu Kemampuan

Dia meminta kepada seluruh siswa Kemenkeu Mengajar, yang terdiri atas siswa penyandang disabilitas, untuk tidak berhenti mencoba dalam meraih cita-cita.

“Saya dan Tim Kemendikbudristek tidak pernah berhenti mencoba hal baru, memastikan adik-adik pelajar bisa belajar dengan bahagia melalui Gerakan Merdeka Belajar. Saya ingin melihat adik-adik menjadi pelajar Pancasila yang berhasil menggapai cita-cita dan mimpi di masa depan, juga menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia," ujar Nadiem Makarim.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x