Bertepatan dengan Ultah PWI, Berikut Sejarah Hari Pers Nasional

- 9 Februari 2021, 09:09 WIB
Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari
Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari / /DOC Humas HPN


Literasi News - Peringatan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap 9 Februari dalam setiap tahunnya, ditetapkan oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985.

Hari Pers Nasional juga bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dalam setiap tahunnya Hari Pers Nasional diselenggarakan secara bergantian di Ibu Kota Provinsi se-Indonesia, hal tersebut berdasarkan ketetapan oleh Dewan Pers.

Penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2021 sekarang dilaksanakan di DKI Jakarta sebagai pusat peringatan.

Sebagaimana dikabarkan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel "Sejarah Hari Pers Nasional 9 Februari yang Bertepatan dengan Ulang Tahun PWI" berikut fakta sejarah Hari Pers Nasional yang telah dirangkum dari Kominfo.

Baca Juga: Pemilik Kartu KIS Dapat Bantuan Rp300 ribu, Berikut Cara Mudah Buat Kartu KIS

Organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdiri setelah dilaksanakan Konferensi Wartawan Pejuang Kemerdekaan Indonesia tepatnya pada Sabtu, 9 Februari 1946.

Pada peringatan kelahiran Persatuan Wartawan Indonesia tahun 1956, muncul gagasan untuk mendirikan Yayasan Museum Pers Indonesia.

Empat tahun kemudian dalam kongres Palembang tahun 1970 timbulah niat untuk mendirikan “Museum Pers Nasional”. 

Selanjutnya atas usul PWI Cabang Surakarta, Museum Pers Nasional yang dicetuskan di Palembang, diubah menjadi Monumen Pers Nasional dalam kongres di Tretes tahun 1973.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah nomor HK.128/1977 tertanggal 31 Desember 1977 atas tanah dan gedung “Societeit” tersebut diserahkan kepada Panitia Pembagunan Monumen Pers Nasional dibawah Departemen Penerangan RI.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x