Kuota Haji Belum di Umumkan, Pemerintah di Minta Bersikap Begini ke Pemerintah Arab Saudi

- 4 April 2022, 11:01 WIB
Anggota DPR RI Kiyai Maman minta pemerintah turun tangan desak Pemerintah Arab Saudi umumkan kota Haji untuk jemaah Haji Indonesia
Anggota DPR RI Kiyai Maman minta pemerintah turun tangan desak Pemerintah Arab Saudi umumkan kota Haji untuk jemaah Haji Indonesia /Dokumen Maman Imanulhaq/

 

Literasi News - Memasuki bulan Ramadhan 1443 H, pemerintah Arab Saudi belum juga mengumumkan jatah kuota haji yang didapat negara-negara, termasuk Indonesia. Padahal tenggat waktu maksimal persiapan haji adalah pada awal Syawal.

Partai Kebangkitan Bangsa pun mendesak Presiden Joko Widodo turun tangan, melalui jalur diplomasi menekan pemerintah Arab Saudi untuk cepat mengumumkan jatah kuota haji untuk masyarakat Indonesia. Bila Saudi tak kunjung mengumumkan, persiapan bakal tidak optimal.

Untuk mengantisipasi kekacauan itu Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, KH. Maman Imanulhaq mendesak Presiden Jokowi melalui menteri luar negeri dan menteri agama untuk melakukan upaya diplomasi untuk mempercepat pengumuman kuota untuk Indonesia.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tarawih Hari Ke 2-10 di Bulan Ramadhan

Disamping pemerintah, semua jalur komunikasi baik lewat DPR, Ormas dan tokoh masyarakat harus terus dilakukan agar kuota haji ada kepastian.

" Kita tidak hanya bisa menunggu dan mendengar jawaban 'insya Allah". Kita butuh kepastian berapa jumlah kuota. Presiden harus turun tangan. Semua harus perkuat desakan ini lewat jalur diplomasi dan komunikasi", tegas Anggota Panja Haji komisi 8 DPR ini.

Kiai Maman juga mengusulkan untuk menambah masa tugas pejabat Kantor Urusan Haji. Hal ini juga dilakukan mengingat masa transisi penyelenggaraan ibadah haji yang membutuhkan persiapan mendesak.

Baca Juga: Dampak Positif Berorganisasi Bagi Anak Sejak Dini, Berikut Penjelasannya

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x