Waktu yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah, Pada Bulan Suci Ramadhan

- 13 April 2023, 13:49 WIB
Kultum Ramadhan Singkat Tentang Zakat Fitrah / Freepik
Kultum Ramadhan Singkat Tentang Zakat Fitrah / Freepik /

Literasi News- Kapan Waktu Mengeluarkan zakat Fitrah, apa Hukum zakat fitrah, Lalu apa doa yang dibaca ketika menerima zakat fitrah dan berapa takaran zakat fitrah? Simak Penjelasan di bawah ini.

Zakat fitrah menjadi kewajiban bagi umat Muslim saat Idul Fitri. Bahkan, zakat menjadi rukun Islam yang keempat yang harus ditunaikan oleh orang Islam.

Dilansir literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut dalil Al-Qur’an dan haditsnya, membayar zakat hukumnya wajib sesuai kesepakatan ulama bagi orang yang telah memenuhi kriteria, yaitu:

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga, Lengkap Bahasa Arab dan Artinya

Beragama Islam, merdeka (bukan hamba sahaya), dan memiliki makanan pokok pada saat Idul Fitri (untuk siang dan malamnya). Hal ini berlaku baik bagi laki-laki, perempuan, anak kecil, orang dewasa, orang merdeka, ataupun hamba sahaya (yang muba’adh).

Waktu Menunaikan Zakat Fitrah

Waktu pengeluaran zakat fitrah dibagi menjadi lima, berikut pembagian dan penjelasannya masing-masing:


1. Wajib, yaitu seseorang menemukan bagian dari bulan Ramadhan dan bagian dari bulan Syawal. Sehingga, orang yang meninggal dunia sebelum matahari terbenam pada malam satu Syawal tidak terkena kewajiban zakat karena tidak menemukan bagian dari bulan Syawal.

Demikian juga bayi yang baru lahir setelah terbenamnya matahari malam satu Syawal karena tidak menemukan bagian dari bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x