Ria Ricis Lahirkan Anak Pertama Secara Sesar, Ini Beberapa Penyebab Dokter Lakukan Tindakan

- 27 Juli 2022, 14:47 WIB
Ria Ricis Lahirkan Anak Pertama Secara Sesar, Ini Beberapa Penyebab Dokter Lakukan Tindakan.
Ria Ricis Lahirkan Anak Pertama Secara Sesar, Ini Beberapa Penyebab Dokter Lakukan Tindakan. /Instagram @teukuryantr/

Literasi News - Pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan membagikan kabar mengenai kelahiran anak pertamanya. Melalui akun instagram pribadinya, Teuku Ryan mengumumkan kabar bahagia tersebut.

"Bismillah, alhamdulillah telah lahir anak pertama kami hari Selasa, 26 Juli 2022 pukul 08.26 pagi hari di Rsia Bina medika Bintaro dengan sehat dan cantik," tulis Teuku Ryan dalam caption unggahannya di Instagram pribadinya, Selasa, 26 Juli 2022.

Diketahui, adik dari Oki Setiana Dewi ini melahirkan dengan proses operasi sesar akibat air ketubannya yang telah habis.

Baca Juga: Link Live Streaming Nusantara Open Piala Prabowo 2022, PSS Sleman vs Malut Selection FC, Pukul 15:23 WIB

Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut beberapa hal yang menyebabkan seorang perempuan harus melakukan operasi sesar saat melahirkan.

1. Persalinan Tidak Berkembang
Pada beberapa kasus seorang perempuan yang melakukan operasi sesar terjadi karena proses persalinan mengalami kendala. Hal ini sendiri biasanya terjadi karena serviks tidak cukup terbuka meskipun sudah merasakan kontraksi yang cukup kuat.

Hal tersebut yang menyebabkan dokter memutuskan untuk melakukan operasi sesar demi keselamatan bayi dan sang ibu.

2. Bayi Mengalami Masalah
Operasi sesar juga bisa dilakukan saat adanya masalah pada bayi. Biasanya terjadi perubahan detak jantung yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dokter memutuskan untuk melakukan operasi sesar.

Baca Juga: Ria Ricis Melahirkan Anak Pertama, Teuku Ryan: Insyaallah Sholiha Ya Sayang

3. Bayi Berada pada Posisi Tidak Normal
Sering kali, pada beberapa kasus saat sudah mendekati waktu lahir bayi berada pada posisi yang tidak seharusnya seperti melintang. Hal ini yang membuat dokter mengambil keputusan untuk melakukan operasi sesar.

4. Bayi Kembar
Melahirkan bayi kembar bisa dilakukan secara normal. Namun, pada beberapa kasus, si ibu tidak memiliki cukup kemampuan untuk mendorong bayi agar keluar. Hal tersebut yang membuat dokter memutuskan agar persalinan dilakukan dengan operasi sesar.

5. Ada Masalah pada Plasenta Ibu
Jika plasenta menutupi pembukaan serviks, hal itu dapat menghambat bayi untuk keluar. Hal ini juga membuat dokter mengambil keputusan untuk melakukan operasi sesar.

6. Tali Pusar Melewati Leher Rahim
Jika tali pusar keluar dari leher rahim biasanya dokter akan langsung menyarankan proses sesar. Bayi juga bisa terikat dan tercekik oleh tali pusar.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Suka Duka Berduka Episode 6: Akhirnya Surat Wasiat Terungkap

7. Adanya Masalah Kesehatan
Ketika si ibu mengalami masalah kesehatan, biasanya dokter akan terpaksa harus melakukan operasi sesar demi keselamatannya dan bayi.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x