Mari Kenali Perbedaan e-Money dan e-Wallet Serupa Tapi Tak Sama, Ini Penjelasannya

- 6 Juli 2022, 16:37 WIB
Ilustrasi. Mari Kenali Perbedaan e- Money dan e-Wallet Serupa Tapi Tak Sama, Ini Penjelasannya.
Ilustrasi. Mari Kenali Perbedaan e- Money dan e-Wallet Serupa Tapi Tak Sama, Ini Penjelasannya. /Pixabay.com/mohamed_hassan

Literasi News - Di era zaman yang serba digital saat ini, banyak transaksi menggunakan layanan keuangan berbasis digital, baik berupa e-money maupun e-wallet.

Sekilas terlihat sama, akan tetapi, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Lantas apa saja yang menjadi perbedaannya! Yuk, simak informasinya seperti yang dilansir dari @indonesiabaik.id berikut ini:

1. e-Money

Nilai uang yang disimpan dalam media elektronik sebagai alat pembayaran, dengan bentuk berbasis chip atau kartu sementara.

Baca Juga: Tips untuk Mendorong Siswa Berpikir Logis dan Sistematis

Untuk pengisian saldonya bisa melalui ATM Bank penerbit, atau aplikasi mobile banking dengan NFC. Penerbit uang elektroniknya dari pihak bank dan teknologi finansial atau Fintech.

Bisa digunakan untuk membayar alat transportasi, tarif tol, dan tempat hiburan.

2. e-Wallet

Layanan bersifat elektronik untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran. Bentuk berbasis server atau aplikasi, dan pengisian saldonya bisa melalui mobile banking.

Untuk penerbit uang elektroniknya adalah Teknologi finansial atau Fintech. Dan untuk kegunaannya, biasanya dipakai untuk membayar transaksi online atau transaksi tempat belanja.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah