Memuliakan Anak Yatim itu Dahsyat Lho Pahalanya, Dengerin Yuk Tausiyahnya Kyai Mako

- 9 November 2020, 05:00 WIB
KH Wahyul Afif Al-Ghofiqi  atau kerap disapa Kyai Mako (kiri) dalam tausiyahnya di depan komunitas pengajian milenial 'Keripik Singkong' , di Jalan Sancang, Kota Bandung, pekan lalu.
KH Wahyul Afif Al-Ghofiqi atau kerap disapa Kyai Mako (kiri) dalam tausiyahnya di depan komunitas pengajian milenial 'Keripik Singkong' , di Jalan Sancang, Kota Bandung, pekan lalu. /Literasi News/

Literasi News - Rasulullah Saw. Menjamin, pahal bagi orang yang menyantuni anak yatim akan bersamanya nanti di surga. Jaminan itu sebagaimana diterangkan dalam hadis Nabi:

"’Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini’, kemudian Beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduanya." (HR Bukhari).

Hadis di atas, diterangkan pula dalam kitab HR.Muslim dengan redaksi yang tidak jauh berbeda.

Baca Juga: Duo Suzuki Menguasai Balapan, Joan Mir Pecah Telur Berhasil Juarai Seri MotoGP Eropa

Keutamaan memuliakan anak yatim, diterangkan pula dalam hadis yang disampaikan oleh HR. Ibnu Majah mengenai rumah muslim yang terbaik dan terburuk menurut Rasulullah Saw.

“Sebaik-baik rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk," (HR. Ibnu Majah).

Tidak hanya itu, bahkan Allah menegaskan langsung dalam Quran Surat Albaqarah [2]: 220.

"Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah ‘Memperbaiki keadaan mereka adalah baik’," (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Baca Juga: Bangun Ketahanan pangan dan Antisipasi Resesi, KITA Banten Resmikan Kebun Kebangsaan

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah