Sejarah Singkat Perjuangan RA Kartini: Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

- 21 April 2022, 10:50 WIB
Museum R.A Kartini
Museum R.A Kartini /Literasi News/Dok. Shofira Hanan

Literasi News - Hari Kartini diperingati setiap satu tahun sekali pada tanggal 21 April. Hari Kartini diperingati sebagai bentuk apresiasi kepada Raden Ajeng Kartini pahlawan emansipasi wanita Indonesia

R.A Kartini terkenal dengan keberaniannya dalam membela adanya emansipasi wanita.

Raden Ajeng Kartini lahir pada tahun 1879 di Jepara, dan merupakan anak dari keturunan bangsawan Jawa Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah.

Diketahui bahwa pada masa penjajahan Belanda, tidak semua anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Baca Juga: 10 Kutipan Inspiratif dari Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang untuk Peringati Hari Kartini 21 Apr

Budaya patriarki masih melekat di tanah Jawa, maka dari itu para kaum wanita memiliki kewajiban untuk mengurus rumah dan tidak diperbolehkan memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari kaum pria.

Karena hal itulah, setelah usia 12 tahun, R.A Kartini harus berhenti bersekolah karena harus mengikuti budaya yang berjalan.

Namun Kartini tetap memiliki semangat yang tinggi dalam hal mencari ilmu. Maka selama ia di rumah dan tidak bersekolah, ia tetap rajin mencari ilmu, dengan bertukar pikiran dengan teman-temannya melalui surat.

Baca Juga: 15 Ucapan Hari Kartini 21 April 2022 Kekinian, Cocok Dibagikan ke Media Sosial

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah