7 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Pembeda Dengan Ahli Kitab

- 8 April 2022, 04:58 WIB
Ilustrasi sahur. 7 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Pembeda Dengan Ahli Kitab.
Ilustrasi sahur. 7 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, Salah Satunya Pembeda Dengan Ahli Kitab. /Rodnae Production/Pexels/

Literasi News - Berikut 7 keutamaan Sahur di bulan suci Ramadhan, salah satunya sebagi pembeda umat muslim dengan ahli kitab.

Puasa ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim, dengan berpuasa kita akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan serta manfaat yang luar biasa.

Salah satu Sunnah dalam menjalani ibadah puasa ramadhan adalah santap sahur, Berikut ini adalah 7 keutamaan santap sahur di bulan suci Ramadhan:

Baca Juga: Niat Wudhu dan Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Dengan Terjemahannya

1. Makan sahur merupakan berkah Rasulullah SAW memotivasi umatnya agar melaksanakan makan sahur dengan menyebutkan bahwasan-nya makan sahur merupakan berkah.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., Rasulullah SAW. telah bersabda: "Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah," (HR. Bukhori Muslim).

2. Sahur termasuk dalam meneladani sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan menaati beliau disebutkan dalam ayat yang Artinya:

"Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka." (QS. An Nisaa’: 80).

Allah SWT juga berfirman: "Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar," (QS. Al Ahzab: 71).

Baca Juga: Tips Khatam Al Quran 30 Juz Selama Bulan Ramadhan, Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x