Kemendikbud Ristek: Perguruan Tinggi Bersiap Laksanakan PTM Terbatas

- 4 Januari 2022, 16:32 WIB
Ilustrasi Kampus.* Kemendikbud Ristek menyebutkan bahwa perguruan tinggi sudah bersiap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.
Ilustrasi Kampus.* Kemendikbud Ristek menyebutkan bahwa perguruan tinggi sudah bersiap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. /PIXABAY/Wokandapix/

Literasi News - Kemendikbud Ristek menyebutkan bahwa perguruan tinggi sudah bersiap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Demikian disampaikan oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek, Nizam, di Jakarta, Selasa 4 Januari 2022.

"Saat ini teman-teman perguruan tinggi sedang bersiap untuk menyiapkan PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas. Contohnya teman-teman di Surabaya dan juga Padang sudah bersiap-siap sejak semester kemarin," tuturnya seperti dilansir Antara.

Nizam menjelaskan, sejumlah perguruan tinggi sudah mulai melaksanakan PTM secara terbatas. Antara lain dilakukan di fakultas kedokteran dan fakultas teknik.

Menurut dia, hingga saat ini tidak ada klaster penularan Covid-19 di perguruan-perguruan tinggi yang melaksanakan perkuliahan secara tatap muka.

"Sejauh ini belum ada klaster baru, kuncinya harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Kebijakan PTM 100 Persen di Jawa Barat Diserahkan Kepada Kabupaten dan Kota, Ini Penjelasan Gubernur

Nizam mengatakan, perguruan tinggi bisa melaksanakan PTM secara bertahap sesuai dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung di lingkungan kampus.

Selain itu, Nizam mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah mendekatkan dosen dan mahasiswa dengan teknologi, serta mendorong kampus menghadirkan berbagai inovasi.

"Kami mengupayakan betul agar banyak perguruan tinggi yang masih kurang optimal pada masa pandemi bisa melakukan akselerasi," tuturnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x