Puspresnas Gelar Puncak Persembahan Prestasi 2021, Ajang Silaturahmi Talenta Muda

- 30 Desember 2021, 15:04 WIB
Suasana acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia bertema "Prestasiku, Inspirasimu, untuk Negeriku" yang digelar Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di Jakarta secara luring terbatas, pada 27 hingga 30 Desember 2021.
Suasana acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia bertema "Prestasiku, Inspirasimu, untuk Negeriku" yang digelar Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di Jakarta secara luring terbatas, pada 27 hingga 30 Desember 2021. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia bertema "Prestasiku, Inspirasimu, untuk Negeriku”" di Jakarta secara luring terbatas, pada 27 hingga 30 Desember 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas), Asep Sukmayadi, menjelaskan, Puncak Persembahan Prestasi ini merupakan pengenalan talenta-talenta yang telah berhasil direkrut dan dibina Puspresnas lewat berbagai ajang.

"Kami ingin mengapresiasi para peserta didik berprestasi lewat kegiatan ini sebagai forum silaturahmi talenta semua pemangku kepentingan, seperti: orang tua, pembina, sekolah, dosen, tokoh pendidikan, pengambil kebijakan, komunitas, media, akademisi, filantropi, dunia usaha/industri, dsb," kata Asep Sukmayadi, dilansir laman Kemendikbud Ristek.

Sepanjang 2020 dan 2021, menurut Asep, Puspresnas telah menghimpun para siswa yang disebutnya "Pasukan Keunggulan Talenta Indonesia", yaitu seluruh partisipan ajang lomba, kompetisi, dan festival dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Baca Juga: Pastikan Hak Mahasiswa Peserta MBKM Terpenuhi, Simak Penjelasan Kemendikbud Ristek

Kegiatan itu melibatkan 466.353 siswa dan mahasiswa, mulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan tinggi.

"Sudah dua tahun kita mengembangkan prestasi peserta didik empat lini lewat beragam kompetisi berjenjang di sekolah dan kampus, mulai dari tingkat wilayah, nasional hingga ke internasional," ujar Asep.

Adapun keempat lini tersebut antara lain sains, riset, teknologi, dan inovasi; olahraga dan kesehatan jasmani; seni, bahasa, dan literasi; serta vokasi dan kewirausahaan, mulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, hingga pendidikan tinggi.

Menurut Asep, puncak persembahan ini merupakan wadah pemilihan dan apresiasi talenta inspiratif dan pihak-pihak pendukung berdedikasi seperti: pemerintah daerah, sekolah, orang tua, dan pemandu talenta. "Acara ini juga merupakan wadah pergelaran prestasi siswa agar dapat menginspirasi teman sebayanya," katanya.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x