Kemendikbud Ristek Berikan Penghargaan Desa Budaya 2021, Ada Desa Mulyasari Kabupaten Karawang Jawa Barat

- 17 Desember 2021, 17:18 WIB
Acara Penghargaan Desa Budaya 2021 yang berlangsung secara hibrida di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbud Ristek, Senayan, Jakarta, serta di kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat 17 Desember 2021.
Acara Penghargaan Desa Budaya 2021 yang berlangsung secara hibrida di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbud Ristek, Senayan, Jakarta, serta di kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat 17 Desember 2021. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, menyelenggarakan Penghargaan Desa Budaya 2021. Di antaranya terdapat 5 desa yang menerima penghargaan tersebut.

Acara ini terselenggara sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap warga dan pemerintahan desa yang telah membuat lompatan besar dalam menggerakkan ekosistem budaya di daerahnya.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menilai pencapaian Desa Budaya ini sangat inspiratif.

"Pemberian penghargaan Desa Budaya ini dapat menjadi inspirasi bagi desa lain dan juga bisa menjadi bahan pembelajaran para siswa dan pelaku pendidikan, merdeka belajar merdeka budaya," katanya.

Mendikbud Ristek menyampaikan hal itu pada acara Penghargaan Desa Budaya 2021 yang berlangsung secara hibrida di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, serta di kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat 17 Desember 2021.

Baca Juga: Ini 10 Desa Cinta Statistik Terbaik 2021, Ada Desa Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat

Untuk diketahui, desa yang lolos kriteria penilaian juri, berhasil mengangkat berbagai isu yang relevan di masyarakatnya dengan apik.

Isu itu meliputi konservasi sumber daya alam, inklusivitas atau penguatan hubungan antarmasyarakat, peningkatan ekonomi lokal yang menyangkut bahan lokal dan ramah lingkungan, isu kelompok rentan, isu organisasi perempuan, kepedulian terhadap anak, pembangunan berkelanjutan, pendidikan, literasi dan penguatan karakter, akumulasi pengetahuan yang menyangkut kekayaan budaya, serta kepemimpinan termasuk di dalamnya nilai gotong royong.

Perwakilan ke-5 desa yang menerima penghargaan dan hadir secara langsung, antara lain Desa Maitara Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara; Desa Mulyasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat; Desa Pedalaman, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat; Desa Tandeallo, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat; dan Desa Tanjung Mas, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

"Ini adalah lima desa yang sudah memperlihatkan kesungguhannya dalam pembangunan budaya yang dibuktikan dengan pengerahan sumber daya yang tidak kecil. Kelima desa ini, energi dan sumber dayanya berasal dari desa itu sendiri. Itulah kebanggaan kita," kata Mendikbud Ristek.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah