SRIT Peringati Hari Guru Nasional di Tokyo Jepang, Apresiasi Jasa dan Pengabdian Para Guru

- 27 November 2021, 13:01 WIB
Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Jepang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di Aula SRIT, Tokyo, Jepang.
Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Jepang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di Aula SRIT, Tokyo, Jepang. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Jepang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di Aula SRIT, Tokyo, Jepang, baru-baru ini.

Upacara diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan penghormatan pada bendera Merah Putih. Pidato HGN Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim dibacakan dalam acara tersebut.

Dilansir laman Kemendikbud Ristek, warga sekolah juga dengan khidmat menyanyikan Himne Guru dan menyerahkan sertifikat penghargaan kepada seluruh guru dan karyawan.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Yusli Wardiatno. Ketua OSIS SRIT, Mevia Nichele Tjandra yang duduk di Kelas XI IPA menjadi pemimpin upacara, dan Kepala SRIT Saidan menjadi pembina upacara.

Baca Juga: SRIT Gelar Pentas Seni Budaya dan Bahasa di KBRI Tokyo Jepang

Dalam acara itu, Yusli Wardiatno mengapresiasi jasa dan pengabdian para guru. Dirinya juga memotivasi para guru agar tetap bersemangat dalam menunaikan tugas mendidik generasi masa depan.

Rangkaian upacara ditutup kejutan manis oleh para siswa anggota OSIS, berupa penyerahan karangan bunga yang masing-masing diberi label nama dan foto para guru dan tenaga kependidikan dengan tulisan "Terima kasih atas pengabdian dan jasa Bapak Ibu Guru".

Dibacakan pula pantun interaktif per kelas secara bersama-sama oleh siswa sekelas di depan barisan guru dan tenaga kependidikan dan Atdikbud RI.

Yusli mengakui dirinya mengingatkan pesan Menteri Nadiem dalam Pidato HGN pada para guru. "Mendikbud Ristek menegaskan bahwa pandemi tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan," tuturnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x