Cetak Wiraswasta Muda Lewat Kompetisi Berikanpreneur, Kemendikbudristek Berikan Apresiasi

- 5 November 2021, 15:08 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam diskusi daring bertajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, Selasa 2 November 2021.
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam diskusi daring bertajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, Selasa 2 November 2021. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan apresiasi terhadap gerakan untuk mencetak wiraswasta muda di perguruan tinggi.

Salah satu gerakan tersebut yakni melalui kompetisi Berikanpreneur: Start up Activation. Yakni kompetisi dan inkubasi bisnis mahasiswa tingkat nasional. Kompetisi ini untuk mencetak 1.000 wiraswasta muda melalui inovasi penciptaan produk-produk pangan lokal unggulan bergizi.

Apresiasi itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam diskusi daring bertajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, baru-baru ini, seperti dilansir laman resmi Kemendikbud Ristek.

Dalam kesempatan itu, Wikan menjelaskan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan dengan gerakan untuk mencetak wiraswasta muda dari kampus.

"Merdeka Belajar juga sudah memberikan satu kemampuan anak boleh fokus di luar kampus, satu menunya adalah kewirausahaan," katanya.

Baca Juga: Kemendikbudristek Fasilitasi Kemitraan SMK dan DUDI, 41 Perusahaan dan 22 SMK Tanda Tangani PKS

Dirjen Diksi menilai, Merdeka Belajar memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih pengembangan karir di masa depan. "Kalau kita melihat gebrakan Merdeka Belajar, bisa memilih apapun yang mereka inginkan, tapi be the best. Memerdekaan sesuai minat mereka," ujarnya.

Dalam Merdeka Belajar, tambah Wikan, evaluasi pendidikan tidak hanya melihat sisi kognitif, namun juga kemampuan yang lainnya.

Jumlah Wirausaha

Pada kesempatan sama, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Keperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Siti Azizah mengatakan, jumlah wirausaha di Indonesia masih kecil, sehingga diperlukan kerja keras untuk meningkatkannya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x