Bupati Cianjur: Terjadi Penurunan Kualitas Pembelajaran Siswa SD di Masa Pandemi, Ada Kelas 4 Belum Bisa Baca

- 13 September 2021, 21:42 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman: Terjadi Penurunan Kualitas Pembelajaran Siswa SD di Masa Pandemi, Ada Kelas 4 Belum Bisa Baca
Bupati Cianjur Herman Suherman: Terjadi Penurunan Kualitas Pembelajaran Siswa SD di Masa Pandemi, Ada Kelas 4 Belum Bisa Baca /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Bupati Cianjur, Jawa Barat Herman Suherman mengungkapkan terjadi penurunan kualitas pembelajaran terhadap siswa didik di tingkat sekolah dasar (SD).

Hal ini terungkap saat Herman meninjau kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di salah satu sekolah dasar di kawasan Jalan Siliwangi, Cianjur, Senin 13 September 2021. Disana ada sejumlah siswa kelas 4 SD yang lupa atau belum bisa baca.

Herman menyebutkan, kasus siswa lupa cara membaca, bukan yang kali pertama ditemui selama melakukan peninjauan kegiatan PTM di masa PPKM level 2 ini.

Baca Juga: Nonton NCT Life in Gapyeong di TransTV Setiap Akhir Pekan, NTCzen Lihat Sisi Berbeda dari Para Member NCT 127

“Padahal sudah kelas 4 ini yah, di sekolah kota lagi. Kalau di sekolah kota persentasenya sedikit, tapi di pelosok banyak. Faktor utamanya lebih ke kondisi ekonomi orang tua siswa,” ujar Herman, kepada wartawan, Senin.

Dijelaskan Herman, akibat kondisi ekonomi orang tua, banyak siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran sistem daring karena tidak memiliki gawai atau sulit mengakses internet

“Belum lagi perhatian dari orang tua yang kurang terhadap proses pembelajaran anaknya di rumah, sehingga kita temukan ada siswa yang sudah kelas 4 dan 5 lupa cara membaca,” kata Herman.

Baca Juga: Siaran Langsung Liga Champion Pekan Ini, Empat Pertandingan Live SCTV: Young Boys vs MU, Barcelona vs Bayern

Oleh karena itu, Herman meminta pihak sekolah untuk memberikan percepatan pembelajaran kepada siswa yang mengalami penurunan kualitas tersebut.

“Kalau untuk tingkatan SMP ke atas, bagus yah, malah dengan sistem pembelajaran daring mereka lebih kreatif dan jadi pintar IT. Namun, yang dari SD ke bawah memang agak mengkhawatirkan,” ujar Herman.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x