Sikap Ganjar Tolak Timnas Israel Blunder, Gibran Rakabuming: Kenapa Baru Protes Sekarang?

- 29 Maret 2023, 13:48 WIB
Sikap Ganjar Tolak Timnas Israel Blunder, Gibran Rakabuming: Kenapa Baru Protes Sekarang?.
Sikap Ganjar Tolak Timnas Israel Blunder, Gibran Rakabuming: Kenapa Baru Protes Sekarang?. /Antara

Literasi News – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan telah menyerahkan polemik penolakan Timnas Israel kepada pemerintah Pusat dan PSSI. Ganjar juga menilai keputusan terakhir berada di tangan PSSI sebagai organisasi induk sepakbola di Indonesia.

 

“Kita berikan (kepercayaan) ke (pemerintah) pusat dan PSSI, mereka sudah bekerja,” jawab Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin, 27 Maret 2023.

Ganjar juga mengingatkan petuah Presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang memiliki kedekatan diplomatis dengan Palestina. Karena itu, Ganajar menegaskan dirinya ingin mengikuti amanat Bung Karno terkait sikapnya dengan Israel.

Baca Juga: Jokowi Utus Ketum PSSI Loby Petinggi FIFA Soal Piala Dunia U-20, Ini Pesan Presiden ke Erick Thohir

"(Harapan) penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka," kata Ganjar.

Namun berbeda dengan Ganjar, Gibran Rakabuming, Walikota Solo justru heran atas sikap Kepala Daerah yang menolak kedatangan Israel.

Pasalnya, para Kepala Daerah sudah menandatangani government guarantee pada Februari 2022 sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tersebut.

"Kesepakatan (sebagai tuan rumah lewat) tanda tangan. Kan aku wes (sudah) tanda tangan kewajibannya seperti apa. Nek (kalau) aku sih komitmen apa yang saya tanda tangani, di perjanjian aku komitmen," ujar sang Wali Kota Solo di Balai Kota Solo, Selasa, 28 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x