10 Makna dan Keutamaan Momen Silaturahim Pada Hari Raya Idul Fitri

- 22 April 2023, 17:49 WIB
10 Makna dan Keutamaan Momen Silaturahim Pada Hari Raya Idul Fitri.
10 Makna dan Keutamaan Momen Silaturahim Pada Hari Raya Idul Fitri. /Ale Senaru/Portal Purwokerto

Literasi News- Idul fitri atau lebaran menjadi momentum yang pas untuk saling-kunjung dan berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, tetangga, dan masyarakat dalam tradisi Muslim di Indonesia. Bahkan untuk tujuan menyambung tali kasih ini, masyarakat berbondong-bondong pulang kampung atau mudik setiap tahunnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Laysa al-muwashil bil mukafi’ wa lakin al-muwwashil ‘an tashil man qatha’ak. (Hadits Riwayat Bukhari). Artinya: “Bukanlah bersilaturrahim orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturrahim adalah yang menyambung apa yang putus.” (HR Bukhari).

Dari Sabda Nabi Muhammad tersebut, jelas termaktub bahwa silaturrahim menyambung apa yang telah putus dalam hubungan hablum minannas. Manusia tidak terlepas dari dosa maupun kesalahan sehingga menyebabkan putusnya hubungan. Silaturrahim mempunyai peran penting dalam menyambung kembali apa-apa yang telah putus tersebut.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Ini Sabtu 22 April 2023: Ada Detective Conan Movie, hingga Masakuy Spesial Idul Fitri

Lebaran merupakan momen yang paling tepat jika di hari-hari lain belum mampu menyambungkan apa yang telah putus. Energi kembali ke fitri turut mendorong manusia untuk berlomba-lomba mengembalikan jiwanya pada kesucian. Idul Fitri-lah yang mampu melakukannya.
10 keutamaan silaturrahim Syekh Sulaiman Al-Bujairimi menyebut setidaknya 10 keutamaan silaturahim dengan mengutip beberapa hadits di dalamnya:

وَفِي صِلَةِ الرَّحِمِ عَشْرُ خِصَالٍ مَحْمُودَةٍ

Artinya: “Dalam silaturahim terdapat sepuluh hal terpuji,” (Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib, [Beirut, Darul Fikr: 2007 M/1427-1428 H], juz III, halaman 272).

Baca Juga: NONTON Jigokuraku Episode 4 Sub Indo, Download Hell’s Paradise Bukan di Otakudesu, Anoboy, dan Samehadaku
Sepuluh keutamaan bagi orang yang menjaga silaturahim adalah sebagai berikut:

1. Ridha Allah. Pasalnya, silaturahim adalah perintah-Nya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x