7 Keutamaan Makan Sahur di Bulan Suci Ramadhan, Beserta Manfaatnya Saat Melaksanakan Puasa

- 23 Maret 2023, 14:55 WIB
Ilustrasi sahur.
Ilustrasi sahur. /Freepik/

Literasi News-Puasa dibulan suci Ramadhan ialah suatu ibadah Mulia untuk umat muslim. Tentunya puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim.

 

Dengan berpuasa kita akan mendapat keberkahan dan keutamaan serta manfaat yang luar biasa. Salah satu Sunnah dalam menjalani ibadah puasa ramadhan adalah makansahur.

Berikut 7 keutamaan makansahur dalam bulan suci Ramadhan 2023/144 H :

1. Makan sahur merupakan berkah Rasulullah SAW memotivasi umatnya agar melaksanakan makan sahur dengan menyebutkan bahwasan-nya makan sahur merupakan berkah. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., Rasulullah SAW. telah bersabda: "Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah,"(HR. Bukhori Muslim)

2. Sahur termasuk dalam meneladani sunnah Nabi SAW Memenuhi perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan menaati beliau disebutkan dalam ayat :

"Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka," (QS. An Nisaa’: 80).

Allah SWT juga berfirman :"Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar," (QS. Al Ahzab: 71).

3. Sahur Merupakan Pembeda Dengan Ahli Kitab
Perlu kita ketahui bahwasan-nya sahur merupakan anjuran bagi orang yang berpuasa. Sesungguhnya sahur mengandung keberkahan. Selain mengikuti sunah Rasulullah SAW., sahur bisa menguatkan orang berpuasa dan juga sahur merupakan pembeda bagi orang muslim dan ahlul kitab.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x