Keutamaan Santap Sahur di Bulan Ramadhan, Berikut Manfaatnya

- 4 April 2022, 03:34 WIB
Keutamaan Santap Sahur di Bulan Ramadhan, Berikut Manfaatnya.
Keutamaan Santap Sahur di Bulan Ramadhan, Berikut Manfaatnya. /mohamed_hassan/Pixabay

Literasi News - Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim, dengan berpuasa kita akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan serta manfaat yang luar biasa.

Salah satu Sunnah dalam menjalani ibadah puasa ramadhan adalah santap sahur, seperti dilansir Literasinews.com dari berbagai sumber. Berikut keutamaan santap sahur di bulan suci
Ramadhan:

1. Makan sahur merupakan berkah Rasulullah SAW memotivasi umatnya agar melaksanakan makan sahur dengan menyebutkan bahwasan-nya makan sahur merupakan berkah.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., Rasulullah SAW. telah bersabda: "Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah," (HR. Bukhori Muslim).

Baca Juga: Inilah 9 Golongan yang Boleh untuk Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan

2. Sahur termasuk dalam meneladani sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan menaati beliau disebutkan dalam ayat yang Artinya:

"Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka." (QS. An Nisaa’: 80).

Allah SWT juga berfirman: "Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar," (QS. Al Ahzab: 71).

3. Sahur Merupakan Pembeda Dengan Ahli Kitab

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah