Kenali Sosok Ustadz Nyentrik, Gus Miftah, Kini Tengah Menjadi Sorotan

- 23 Februari 2022, 17:51 WIB
Kenali Sosok Ustadz Nyentrik, Gus Miftah, Kini Tengah Menjadi Sorotan
Kenali Sosok Ustadz Nyentrik, Gus Miftah, Kini Tengah Menjadi Sorotan /Instagram @gusmiftah

Literasi News - Nama Gus Miftah menjadi sorotan usai menggelar pagelaran wayang di Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada Jumat 18 Februari 2022 yang lalu.

Pagelaran wayang tersebut diunggah melalui kanal YouTube Adara Nathania pada Minggu, 20 Februari 2022 ternyata mendapat reaksi negatif dari netizen. Lantas siapa Gus Miftah? Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum Literasinews dari berbagai sumber :

Miftah Maulana Habiburrahman atau yang lebih dikenal dengan Gus Miftah merupakan seorang ustadz dan sekaligus pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Atletico Madrid vs Man United Live SCTV, Simak Jadwal Liga Champions Hari Ini 24 Februari 2022, Chelsea Menang

Ia lahir di Lampung pada 5 Agustus 1981, kini berusia 40 tahun. Gus Miftah merupakan keturunan ke-9 Kiai Ageng Hasan Besari, pendiri Pesantren Tegalsari, Ponorogo.

Gus Miftah merupakan lulusan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Jayasakti, Lampung. Kemudian Ia melanjutkan pendidikan di Yogyakarta, kuliah di UIN Sunan Kalijaga pada jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah.

Selama berkuliah, ia tercatat aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Perjalanan dakwah Gus Miftah bermula pada usia 21 tahun.

Baca Juga: Dugaan Pemalsuan Minyak Goreng Berhasil Diungkap, Polda Jabar Dalami Dugaan Penimbunan

Pada awalnya, Gus Miftah sering mendirikan sholat tahajud di mushola sekitar sarkem atau yang dikenal sebagai wilayah lokalisasi di Yogyakarta.

Kemudian, Gus Miftah mulai rutin menggelar kajian keagamaan dibantu oleh Gunardi atau Gun Jack yang merupakan penguasa wilayah sarkem tersebut.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah