KPU Cianjur Terbitkan Surat Suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

- 26 Oktober 2020, 17:26 WIB
Desain Surat Suara untuk Pilkada Cianjur sudah diterbitkan KPU
Desain Surat Suara untuk Pilkada Cianjur sudah diterbitkan KPU /Literasi News/Angga

Literasi News - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah menerbitkan desain surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

Komisioner KPU Cianjur Rustiman menyebutkan, pihaknya segera menyosialisasikan surat suara yang masih berupa spesimen atau sampel tersebut kepada masyarakat.

"Sebelumnya spesimen surat suara ini telah ditandatangani ke empat paslon. Namun, ada sedikit edit di foto para calon terkait background atau latar yang harus merah-putih," kata Rustiman, kepada wartawan, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: MUI Minta Pemerintah Bersikap Soal Macron, Dubes Prancis Harus Memberi Klarifikasi

Rustiman menyebutkan, desain surat suara tersebut telah dikirim ke KPU pusat untuk dicetak sebagai logistik Pilkada Cianjur 2020 oleh pihak ketiga selaku pemenang tender.

"KPU Cianjur akan menerima 1.631.564 lembar surat suara. Jumlah itu berdasarkan dari jumlah daftar pemillih tetap ditambah 2,5 persen untuk setiap TPS sebagai cadangan," ujarnya.

Dikatakan Rustiman, tambahan sekitar 2,5 persen itu bisa dipakai apabila ada surat suara yang rusak atau untuk pemilih yang masuk daftar pemilih khusus.

Baca Juga: Hingga 31 Oktober 2020 Kemendikbud Buka Calon Guru Penggerak, Berikut Ketentuanya

"Kebijakan itu diatur dalam Pasal 350 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," ucapnya.

Dalam sampel surat suara itu, pasangan nomor urut 01 Moch Toha-Ade Sobari dan nomor urut 03 Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin kompak mengenakan kemeja putih-putih. Kecuali Ade Sobari, para calon mengenakan peci hitam.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x