Bawaslu Segera Memetakan Potensi Kerawanan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024

- 3 Desember 2022, 00:14 WIB
Ilustrasi: Bawaslu Segera Memetakan Potensi Kerawanan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024
Ilustrasi: Bawaslu Segera Memetakan Potensi Kerawanan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024 /Bawaslu/

Literasi News - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyebutkan potensi kerawanan pengadaan dan distribusi logistik Pemilu yang sering terjadi, di antaranya keterlambatan logistik, tidak tepat prosedur, jumlah, jenis, dan waktu.

Oleh karena itu, Bawaslu harus segera memetakan potensi kerawanan dalam perencanaan pengadaaan dan distribusi logistik Pemilu.

Potensi kerawanan lainnya, lanjutnya dia, yakni terkait jumlah surat suara dan sertifikat berita acara, pada saat pencetakan harus sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Kemudian pendistribusian logistik yang tidak tepat sasaran, dan soal penyortiran surat suara.

Baca Juga: Jadwal NET Prime Movie 1-9 Desember 2022 di NET TV, Catat Jam Tayang Film Indonesia Terasik Setiap Senin-Jumat

"Mudah-mudahan tidak ada lagi surat-surat suara yang tertukar antardaerah pilihan (dapil)," ujarnya dalam diskusi kelompok terpumpun bersama Fakultas Ilmu Sosal dan Ilmu Politik - Universitas Gajah Mada (FISIP UGM), Kamis 1 Desember.2022.

Potensi selanjutnya, yaitu soal aspek keamanan dalam proses pencetakan, pendistribusian, dan gudang penyimpanan.

Herwyn juga menjelaskan pengawasan pencetakan yang dilakukan Bawaslu, yaitu tim pengawas mengawasi kepatuhan penyelenggara dan perusahaan sebagaimana SOP yang diterapkan oleh KPU.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini Sabtu 3 Desember 2022: Ada Barista, Takut Ga Sih, Preman Pensiun 7, Ikatan Cinta

Selain itu akan dipastikan perusahaan tidak berafiliasi dengan peserta pemilu. "Kami akan berupaya melacak data perusahaan pemenang, jangan sampai dia berkorelasi dengan peserta pemilu," tegasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah