Bahas RKUA-PPAS APBD 2022, Komisi II DPRD Jabar Fokus Dorong Pemulihan Ekonomi

- 18 November 2021, 11:52 WIB
Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati
Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati /

Literasi News - Komisi II DPRD Jawa Barat mendorong peningkatan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan ketua komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati terhadap RKUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022.

Rahmat menyampaikan, Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat pada tanggal 18 sampai dengan 20 Agustus dan tanggal 18 sampai dengan 19 Oktober 2021 telah melaksanakan Rapat Kerja dengan Perangkat Daerah Mitra Komisi II.

Baca Juga: Rupiah Hari Ini Kamis 18 November 2021 Diprediksi Melemah, Posisi Rp14.185 - Rp14.265 Per Dolar AS

"Melalui rapat internal di Komisi II kami merumuskan strategi dan program/kegiatan untuk tahun 2022 di sektor perekonomian," ujar Toleng, sapaan akrab Rahmat Hidayat Djati, Kamis 18 November 2021.

Dia menyampaikan, Indonesia, khususnya Jawa Barat saat ini tidak terlepas dari kondisi pandemik Covid-19 yang sedang melanda dunia dan belum menunjukkan situasi yang membaik dengan terus bertambahnya penyebaran dan penularan virus tersebut di dunia, Indonesia maupun Jawa Barat.

Komisi II sebagai komisi perekonomian di DPRD Jawa Barat melihat bahwa pada tahun 2022 yang akan datang, masih merupakan kondisi pemulihan perekonomian yang terdampak pandemi secara global ini.

Namun demikian angka pertumbuhan sektor terkait industri, perdagangan, pariwisata dan pangan yaitu pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan menunjukkan angka laju pertumbuhan yang positif pada tahun 2021 ini.

Perlu dijadikan sebagai kekuatan utama untuk bangkit kembali dari kontraksi ekonomi yang terjadi di Jawa Barat pada khususnya.

"Komisi II untuk tahun anggaran 2022 mengusulkan peningkatan anggaran secara signifikan pada program-program terkait sektor hulu pangan termasuk sarana prasarana pendukungnya di sektor industri dan perdagangan," ujar politisi PKB asal Karawang.

Adapun program dan kegiatan yang diajukan oleh OPD Mitra Komisi II pada RKUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022 adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x