Hadiri Makesta IPNU dan IPPNU, Ketua PKB Subang Sampaikan Tiga Poin Penting

- 31 Maret 2021, 19:02 WIB
Ketua PKB Subang Zainal Mutaqin menyampaikan tiga poin penting saat menghadiri Makesta IPNU dan IPPNU Subang.
Ketua PKB Subang Zainal Mutaqin menyampaikan tiga poin penting saat menghadiri Makesta IPNU dan IPPNU Subang. /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Subang Zaenal Mutaqin menyampaikan tiga poin dalam acara Masa Kesetian Anggota (Makesta) yang digelar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan IPPNU Kabupaten Subang di Ponpes Raudhatul Hasanah pada Rabu, 31 Maret 2021.

Menurut Zaenal, pertama bahwa IPNU dan IPPNU terlahir untuk menjaga kepentingan dan keberlangsungan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) NU.

"Kelahiran IPNU dan IPPNU yang pertama untuk terus menjaga dan melanjut perjuangan dari Aswaja NU (ideologi)," kata Zaenal Mutaqin.

Baca Juga: Jelang Ramadan Harga Cabai Rawit Turun Tapi Masih Tinggi, Rp100 Ribu per Kilogram

Zaenal yang sempat menjadi anggota IPNU di Kabupaten Garut juga menjelaskan Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi yang melahirkan IPNU dan IPPNU ini didirikan sebagai jam'iyah diniyah al-ijtima'iyyah (organisasi keagamaan dan kemasyarakatan).

"Jamiyah ini dibentuk untuk menjadi wadah perjuangan para ulama dan para pengikutnya, yang di dalamnya memiliki konsep dan ajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (Aswaja), Nahdliyin (sebutan untuk warga NU) saat ini," katanya.

Dalam kesempatan itu Zaenal menerangkan bahwa Aswaja adalah paham yang menganut pola madzhab fikih yang empat, Imam Syafi'i, Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Maliki.

Baca Juga: Seorang Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Ditembak Mati Ditempat oleh Polisi

Selain itu, Aswaja juga disebut paham yang mengikuti Al-Asy'ari dan Al-Maturidi dalam bidang akidah. Dalam bidang tasawuf mengikuti Al-Junaidi Al-Baghdadi dan Al-Ghazali.

Kedua, menurut Zaenal kelahiran IPNU dan IPPNU adalah sebagai salah satu wadah NU untuk melakukan kaderisasi, dalam rangka melahirkan kader-kader Ulul Albab untuk terus mengelorakan atau meneruskan estafet perjuangan Nadlatul ulama dalam bingkai Rahmatan Lil Alamin.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x