Andai Trump Berkuasa 2 Bulan Lagi, Tak Mustahil Hubungan Indonesia-Israel Terwujud

- 20 Januari 2021, 12:48 WIB
Potret Donald Trump.
Potret Donald Trump. /Pixabay/Geralt/

Literasi News - Donald Trump menjalani hari terakhirnya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 pada hari ini, Rabu, 20 Januari 2021. Selanjutnya kursi kepresidenan AS akan diduduki Joe Biden yang telah berhasil menumbangkannya pada Pilpres AS 2020 lalu.

Namun dua pejabat pemerintahan Trump melontarkan pernyataan mengenai beberapa program warisan Trump yang tidak akan pernah selesai, di antaranya soal upaya normalisasi berbagai negara dengan Israel, yang salah satunya adalah normalisasi dengan Indonesia.

Times of Israel merilis, dua pejabat AS tersebut menyebutkan negara Mauritania merupakan negara terdekat yang menurutnya paling siap untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Baca Juga: Tetap Setia Temani Gisel, Wijin: Saya Percaya Rencana Tuhan Indah

Para pejabat yang enggan menyebutkan identitas dirinya itu mengaku percaya bahwa normalisasi hubungan Israel dengan Mauritania akan segera disepakati.

Menurut mereka, keberhasilan normalisasi Israel yang diinisiasi oleh Amerika Serikat ini tidak lepas dari peran penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner serta utusan khusus, Avi Berkowitz.

Dikutip Literasi News dari PIKIRAN RAKYAT dalam artikel ‘Trump Keluar dari Gedung Putih, Pejabatnya Sebut Indonesia Nyaris Normalisasi Hubungan dengan Israel’, Mauritania pernah menjadi anggota ketiga Liga Arab yang menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel pada 1999.

Baca Juga: Berikut ini, Waktu waktu yang Tidak Dibolehkan Mengerjakan Shalat

Namun kemudian Mauratina memutuskan hubungan dengan Israel 10 tahun kemudian, yang dilatarbelakangi perang Gaza pada 2008-2009.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x