KH Maman Imanulhaq Siap Kawal Usulan Ulama Majalengka KH Abdul Chalim Leuwimunding Jadi Pahlawan Nasional

- 30 Maret 2023, 16:36 WIB
KH Maman Imanulhaq Siap Kawal Usulan Ulama Majalengka KH Abdul Chalim Leuwimunding Jadi Pahlawan Nasional
KH Maman Imanulhaq Siap Kawal Usulan Ulama Majalengka KH Abdul Chalim Leuwimunding Jadi Pahlawan Nasional /Literasi News

 

Literasi News - Tokoh nasional asal Majalengka yang juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Chalim Leuwimunding diusulkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka. Seminar pengusulan calon pahlawan nasional digelar hari ini, Kamis, 30 Maret 2023 di Gedung Yudha Abdi Karya Pemkab Majalengka.

 

Hadir sejumlah tokoh dan pejabat terkait seperti Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Bupati Majalengka Karna Sobahi, Anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq, Mantan Wakil Kepala BIN KH As'ad Said Ali, Pengasuh Pondok Pesantren Ammanatul Umat Prof Dr KH Asep Saefudin Chalim yang juga putra almarhum KH Abdul Chalim, Ketua Umum Sejarawahan Masyarakat Indonesia Prof Dr Agus Mulyana, Guru Besar Sejarawan UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Dr. H Abdul Halim, dan Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra.

KH Maman Imanulhaq pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada Pemkab Majalengka yang telah menginisiasi pengusulan Katib Tsani PBNU periode pertama ini sebagai pahlawan nasional. Apalagi, kata Kiai Maman, gelar pahlawan nasional kepada Kiai Abdul Chalim ini sudah menjadi harapan masyarakat Majalengka dan NU sejak lama.

Baca Juga: Rafael Alun Trisambodo Jadi Tersangka Kasus Dugaan Gratifikasi, Ini Penjelasan KPK

Politisi PKB ini siap memberikan dukungan penuh secara politik di parlemen untuk memperlancar proses pengusulan gelar kepahlawanan ini. Kiai Maman pun memastikan semua syarat baik formil maupun materil terhadap pemberian gelar KH Abdul Chalim sudah layak dan terpenuhi untuk diberikan gelar oleh negara pada Agustus nanti.

"KH Abdul Chalim adalah seorang pejuang pada perintisan kemerdekaan Indonesia. Beliau punya sejarah panjang dalam menentang penjajahan yang dilakukan oleh Belanda," kata Kiai Maman Imanulhaq.

Peran KH Abdul Chalim Leuwimunding

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x