Kirab Pemilu 2024 Diluncurkan, Satu Tahun Menuju Hari Pemungutan Suara 14 Februari 2024

- 14 Februari 2023, 20:51 WIB
Ilustrasi Pemilu. Satu tahun menuju pemungutan suara, KPU luncurkan Kirab Pemilu 2024.
Ilustrasi Pemilu. Satu tahun menuju pemungutan suara, KPU luncurkan Kirab Pemilu 2024. /Pikiran Rakyat/

Literasi News - Kirab Pemilu 2024 resmi diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, peluncuran Kirab Pemilu 2024 bertujuan untuk menyegarkan semangat Bangsa Indonesia dalam menyambut satu tahun menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Hal itu disampaikan Hasyim Asy'ari saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024 dan Pembacaan Deklarasi "Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa" di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa 14 Februari 2023.

"Hari ini, kita bersama-sama hadir di sini dalam rangka semangat untuk satu tahun menuju pemungutan suara Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran kirab," katanya, seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Waspada Potensi Siklon Freddy di Selatan Jawa, BMKG: Picu Curah Hujan Tinggi dan Angin Kencang

Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa Kirab Pemilu 2024 dilakukan dari tujuh titik lokasi, yakni Kantor Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh; KPU Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau; KPU Provinsi Kalimantan Barat; KPU Provinsi Kalimantan Utara; KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara; KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan KPU Provinsi Papua.

"Nanti, (kirab dilakukan) secara estafet dari kabupaten/kota titik dimulainya kirab itu, estafet sambung menyambung, dan nantinya bulan November akan sampai di DKI Jakarta, di Kantor KPU RI," tuturnya.

Disebutkan, peluncuran kirab tersebut menandakan bahwa Pemilu 2024 tidak hanya terjadi di tingkat pusat, tetapi juga di seluruh daerah di Indonesia.

"Semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi, pemilih konstituen berasal dari daerah," ujarnya.

Baca Juga: Kuota Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis Ditambah Tahun 2023, Ini Tujuannya Menurut Menkes

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x