Waspada Potensi Siklon Freddy di Selatan Jawa, BMKG: Picu Curah Hujan Tinggi dan Angin Kencang

- 14 Februari 2023, 10:23 WIB
Ilustrasi hujan lebat. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada adanya potensi Siklon Tropis Freddy di selatan Jawa.
Ilustrasi hujan lebat. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada adanya potensi Siklon Tropis Freddy di selatan Jawa. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Masyarakat dihimbau untuk waspada adanya potensi Siklon Tropis Freddy di selatan Jawa.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi Siklon Tropis Freddy itu bisa memicu terjadinya curah hujan lebih tinggi dan lebih sering. Selain itu juga disertai dengan angin kencang.

Peringatan itu seperti disampaikan Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Hadi Saputra saat dikonfirmasi Antara.

 

 

"Untuk saat ini karena ada pengaruh tidak langsung Siklon Freddy di selatan Jawa, curah hujan dan angin lebih kencang dari biasanya," tuturnya.

Hadi menjelaskan, untuk wilayah Bogor, khususnya Kota Bogor potensi curah hujan masih ringan hingga sedang, tidak hujan lebat dan angin kencang seperti pada akhir tahun 2022 yang menyebabkan bencana longsor, banjir dan pohon tumbang dalam waktu hampir bersamaan.

Baca Juga: Kuota Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis Ditambah Tahun 2023, Ini Tujuannya Menurut Menkes

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, dari Sabtu (11/2) hingga Minggu (12/2) sedikitnya telah ada enam kejadian bencana berupa pohon tumbang dan longsor serta bangunan rumah roboh di kota hujan itu.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: BMKG Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x