Rakernas Makom Albab ke-II Digelar, Bahas Kompetensi Alumni Pesantren

- 29 Januari 2023, 16:57 WIB
Rakernas Makom Albab ke-II Digelar, Bahas Kompetensi Alumni Pesantren.
Rakernas Makom Albab ke-II Digelar, Bahas Kompetensi Alumni Pesantren. /Maqom Albab

Literasi News - Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq berharap para alumni pesantren punya kompetensi memadai agar mampu bersaing dengan lulusan lainnya. Oleb sebabnya, santri tak hanya dibekali ilmu di bidang keagamaan saja, namun pula wajib dibekali dengan keahlian di bidang lainnya.

Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Majelis Komunikasi Alumni Babakan Ciwaringin Cirebon (Makom Albab), Minggu, 29 Januari 2022 di Aula PSBB Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cirebon, Jawa Barat.

Hadir pula pada seminar dengan tema "Hadirnya Negara dalam Penyelenggaraan dan Pengembangan Pondok Pesantren" itu yakni Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Prof Dr H Waryono M.Ag; Anggota DPRD Jawa Barat, H. Sidoqon Jampi, SH, MH. Sementara sebagai moderator yakni Elis Teti Rusmiati.

Baca Juga: Ratusan Pelajar Siap Menjadi Pelopor Moderasi di Kalangan Milenial

Kiai Maman menambahkan, untuk meningkatkan mutu lulusan pesantren, ia meminta pesantren untuk terbuka terhadap perkembangan zaman khususnya di bidang tekhnologi informasi.

"Para santri harus dipersiapkan untuk menghadapi masa depan, menjadi santri petarung yang tangguh dalam menghadapi persaingan,” ujar Kiai Maman Imanulhaq.

Menurut Kiai Maman yang juga merupakan pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi ini, pesantren tidak bisa hanya mengandalkan sistem pendidikan turun temurun, namun pula pesantren harus memiliki keunggulan dan daya saing guna memenangkan persaingan global yang semakin sengit. Jangan sampai, katanya, pesantren malah tertinggal oleh sekolah-sekolah swasta yang bermunculan dengan menawarkan program serta kurikulum yang semakin canggih.

"Namun demikian pesantren juga harus tetap menjaga nilai-nilai luhur dan budaya bangsa. Saya yakin dengan pesantren Babakan Ciwaringin yang memiliki tradisi keilmuan dan tasauf yang kuat " kata Kiai Maman menegaskan.

Baca Juga: Sinopsis Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang, Tayang di Bioskop pada 2 Februari 2023

Sementara itu, Ketua Umum Makom Albab Kombes Pol (Purn) Dr. H. Juhana Zulfan, MM, menjelaskan, rakernas ini merupakan momentum untuk menentukan arah dan kebijakan roda organisasi Makom Albab ke depan. Karena dalam pertemuan ini banyak membahas program kerja melalui rapat pleno dan rapat komisi di masing masing bidang.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x