Dinkes Kota Bandung Mulai Sediakan Vaksinasi Covid-19 Dosis 4 atau Booster Kedua di Puskesmas, Ini Syaratnya

- 23 Januari 2023, 13:52 WIB
Ilustrasi vaksinasi bosster Covid-19. Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau dosis penguat (booster) kedua mulai disediakan oleh Dinkes Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi bosster Covid-19. Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau dosis penguat (booster) kedua mulai disediakan oleh Dinkes Kota Bandung. /Pixabay/Kfuhflert

Literasi News - Layanan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau dosis penguat (booster) kedua sudah mulai disediakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat.

Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua itu bisa diakses oleh masyarakat umum di puskesmas-puskesmas di wilayahnya.

Berdasarka Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang ditetapkan pada 20 Januari 2023, vaksinasi penguat kedua bisa diberikan kepada kelompok masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas mulai 24 Januari 2023.

"Puskesmas siap menerima permintaan masyarakat untuk vaksinasi penguat yang kedua. Hanya memang kami ingin melihat dulu seberapa besar animo masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian di Bandung, Senin 23 Januari 2023.

"Kami tentunya berharap animonya yang sebesar-besarnya, karena ini bagian dari pencegahan Covid-19," tuturnya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Beberapa Kali Erupsi, PVMBG: Status Siaga atau Level III

Anhar menjelaskan bahwa setiap puskesmas akan melaksanakan vaksinasi dosis penguat kedua setelah ada setidaknya 10 warga yang mendaftar untuk menjalani vaksinasi, mengingat setiap vial vaksin Covid-19 bisa digunakan untuk memvaksinasi 10 orang.

"Kita lihat dulu, kalau misalnya baru ada tiga orang pasti kita tidak berani, karena kalau kita suntikkan untuk tiga orang, pasti yang tujuh (dosis) terbuang. Paling kita kasih tahu untuk nunggu dua atau tiga hari," ujarnya.

Menurut dia, puskesmas berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan dalam menyosialisasikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x