Keppres Penghentian PPKM Tergantung Kajian Sero Survei, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

- 26 Desember 2022, 14:11 WIB
Ilustrasi PPKM.* Presiden Jokowi: Keppres penghentian PPKM masih menanti kajian terkait tingkat imunitas masyarakat terhadap virus atau sero survei.
Ilustrasi PPKM.* Presiden Jokowi: Keppres penghentian PPKM masih menanti kajian terkait tingkat imunitas masyarakat terhadap virus atau sero survei. /Antara/Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Literasi News - Penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih menanti kajian terkait tingkat imunitas masyarakat terhadap virus atau sero survei.

Hal itu seperti disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai meresmikan Stasiun Manggarai Tahap I di Jakarta, Senin 26 Desember 2022.

"(Berkas) belum sampai ke meja saya. Karena ini menyangkut sero survei, menyangkut kajian yang saya minta harus detail jangan sampai fail (gagal/salah) memutuskan sehingga sebaiknya kita sabar menunggu," katanya.

Presiden Jokowi menjelaskan jika sero survei sudah berada di atas 90 persen, maka peningkatan Covid-19 di negara lain semestinya tidak akan menjadi masalah bagi Indonesia, karena imunitas masyarakat sudah baik.

Baca Juga: BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Indonesia, Bisa Mencapai 6 Meter

"Asal nanti sero survei kita sudah di atas 90 persen, ya artinya kita imunitasnya sudah baik. Ada apapun dari manapun seharusnya ya nggak ada masalah," tuturnya.

Presiden Jokowi menyampaikan saat ini kasus konfirmasi harian sudah turun di bawah 1.000, namun penurunan itu harus dipastikan karena imunitas masyarakat sudah lebih baik atau hal lain.

"Itu yang harus dilihat, dikaji di situ. Jadi, tunggu kajian dari Kementerian Kesehatan, para pakar dan epidemiolog agar memutuskannya nanti benar," ujarnya.

Presiden Jokowi kembali menekankan bahwa keputusan tentang penghentian PPKM akan dilakukan pada akhir tahun atau awal tahun, masih menanti sero survei dan kajian lain.***

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x