Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, Hari Santri Nasional: Peristiwa Bersejarah yang di Pimpin Oleh KH. Hasyim Asy'

- 20 Oktober 2022, 09:22 WIB
Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, Hari Santri Nasional: Peristiwa Bersejarah yang di Pimpin Oleh KH. Hasyim Asy'ari.
Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, Hari Santri Nasional: Peristiwa Bersejarah yang di Pimpin Oleh KH. Hasyim Asy'ari. //Freepik.com/Freepik

Literasi News - Penetapan Hari Santri Nasional adalah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.

Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan Nasional, KH Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional dikarenakan pada hari tersebut, Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratusyekh KH Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Bad Boys Vs Crazy Girl Setiap Hari Apa ? Cek Jadwal Berikut dan Sinopsisnya

Dicetuskan sebagai upaya untuk mengobarkan semangat para pejuangan yang mempertahankan NKRI dari Belanda yang diboncengi oleh NICA, yang kembali datang ke Indonesia pada bulan Oktober 1945.

Padahal Indonesia sendiri telah memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Momen tersebut tidak terlepas dari pencetusan Fatwa Resolusi Jihad NU oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Resolusi Jihad Kiai Hasyim Asy'ari menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan dari Agresi Militer Belanda kedua yang membonceng Sekutu.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Dokter Nasional 2022, Download Disini Gratis

Sebelumnya, pada 19 September 1945 banyak orang rela mati dalam peristiwa penyobekan bagian biru dari bendera Belanda di Hotel Yamato Surabaya.

Sebelum datang Brigade 49 Divisi India Tentara Inggris pimpinan Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, kalangan santri merasa tentara asing akan datang dan perang tak bisa dihindarkan.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x