Kuota Haji Kembali Normal Tergantung Kondisi Pandemi Global, Ini Penjelasan Dubes RI untuk Arab Saudi

- 24 Juni 2022, 11:10 WIB
Kuota haji untuk Indonesia akan kembali normal, namun hal itu tergantung pada kondisi kesehatan dan pandemi Covid-19 secara global.
Kuota haji untuk Indonesia akan kembali normal, namun hal itu tergantung pada kondisi kesehatan dan pandemi Covid-19 secara global. /Kemenag

Literasi News - Kuota haji untuk Indonesia akan kembali normal, namun hal itu tergantung pada kondisi kesehatan dan pandemi Covid-19 secara global.

Hal itu seperti disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, di Mekkah, Jumat 24 Juni 2022.

Dia menjelaskan, kuota haji mengacu pada kondisi perkembangan pandemi global dan sesuai dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi.

"Jadi ini berkaitan soal pandemi Covid-19. Kalau pandeminya dianggap selesai, saya kira kemungkinan besar pemerintah Arab Saudi akan mengembalikan kepada kondisi yang semula," tuturnya.

Menurut Abdul Aziz, jika kondisi kembali normal maka kuota akan dihitung berdasarkan jumlah penduduk.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha 2022 atau Lebaran Haji, Simak Penjelasan Kemenag

Jika ingin ada perubahan penduduk dan kuota yang baru, tutur dia, harus melalui sidang-sidang yang ditetapkan di dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Artinya negara OKI duduk bersama untuk menetapkan berapa kuota yang sebenarnya.

"Saya beberapa kali menyampaikan, penduduk Indonesia itu sudah berkembang sekarang. Mungkin sekarang sampai 260-265 juta jiwa," ujarnya.

Artinya, harus ada tambahan jumlah jamaah dari 220 ribu menjadi 265 ribu, lalu ada tambahan kuota lagi 10 ribu jadi 275 ribu. "Itu kalau kondisinya normal dan usulan kita setiap permohonan kuota dikabulkan," katanya.

Namun, menurut dia, penambahan kuota tidak diwajibkan dan merupakan kewenangan Pemerintah Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x