Vaksinasi PMK Hewan Ternak Mulai Dilaksanakan di Kabupaten Bandung, Distan: Sapi Perah Jadi Prioritas

- 21 Juni 2022, 11:52 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022). /Humas Jabar/

Literasi News - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak mulai dilaksanakan di Kabupaten Bandung. Vaksinasi PMK itu dilaksanakan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, yang sementara ini terutama ditujukan untuk sapi perah.

Berdasarkan data Distan, total hewan ternak yang terpapar PMK di Kabupaten Bandung mencapai 4.751 ekor. Dari jumlah itu, sebagian besar adalah sapi perah.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, vaksinasi PMK baru dilaksanakan terhadap ratusan sapi perah di daerah Kertasari. Untuk sementara ini, vaksin yang diterima Pemkab Bandung baru 500 dosis, tetapi bisa ditambah lagi.

"Tadi kami melaksanakan vaksinasi di Kertasari, karena di lokasi ini relatif lebih clear dibandingkan dengan di Pangalengan. Di lokasi tadi kami yakini belum banyak yang tersentuh, baik oleh lalu lintas orang mau pun hewan," kata Tisna, sebagaimana dimuat dalam artikel yang diterbitkan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya dengan judul "Distan Kabupaten Bandung Mulai Vaksinasi PMK Hewan Ternak, Prioritaskan Sapi Perah".

Baca Juga: Pastikan Hewan Ternak Sehat Jelang Idul Adha, Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi PMK

Disebutkan, setelah lebih dari 300 dosis vaksin disuntikkan kepada sapi-sapi perah di wilayah Kertasari, sasaran vaksinasi berikutnya adalah di Kecamatan Pangalengan.

Tisna menjelaskan, dari total 500 dosis vaksin yang telah diterima Pemkab Bandung, rencananya bakal habis dalam dua hari.

"Kalau yang 500 dosis ini bisa segera kami selesaikan, kami akan langsung melaporkannya kepada pusat. Jadi, Rabu mendatang itu, vaksin yang baru bisa didatangkan lagi. Soalnya, sekarang ini di daerah seperti sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan vaksin dari pusat," katanya, kemarin.

Tisna mengaku belum mendapat kepastian mengenai jumlah dosis vaksin yang akan kembali diterima Pemkab Bandung.

Meski demikian, dia menyatakan bahwa untuk saat ini, prioritas pemberian vaksin ditujukan bagi sapi perah.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: pikiran-rakyat.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x