Ucapkan Belasungkawa, Sidkon Djampi Kenang Sosok KH Dimyati Rois Sebagai Ulama yang Sederhana

- 10 Juni 2022, 19:17 WIB
Ucapkan Belasungkawa, Sidkon Djampi Kenang Sosok KH Dimyati Rois Sebagai Ulama yang Sederhana.
Ucapkan Belasungkawa, Sidkon Djampi Kenang Sosok KH Dimyati Rois Sebagai Ulama yang Sederhana. /Facebook/@Kang Poernomo

Literasi News - Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi mengucapkan belasungkawa mendalam atas wafatnya ulama kharismatik Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Dimyati Rois.

Sidkon mengenang KH Dimyati Rois yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Fadlu Wa Fadilah, Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah ini sebagau ulama yang penuh dengan kesederhanaan.

"Sebagai seorang ulama KH. Dimyati Rois memiliki kepribadian yang sangat baik dan penuh kesederhanaan, baik dengan para pengikut (santrinya) maupun dengan masyarakat yang lain. Kesederhanaan beliau ditunjukan dengan berpakaian yang sederhana, dan beliau juga tidak akan makan apabila tidak benar-benar lapar," kata Sidkon Djampi Jumat, 10 Juni 2022.

Baca Juga: Ratusan Calon Haji Asal Kabupaten Cianjur Gagal Berangkat Tahun Ini, Kenapa? Simak Penjelasan Kemenag

Menurut Sidkon, Mbah Dim sapaan KH Dimyati Rois sosok yang suka bergaul dengan siapapun, baik dengan pedagang, pejabat, orang kaya, orang miskin, buruh bahkan anak-anak.

Mbah Dim juga terkenal sebagai seorang yang sabar, pemurah dan ramah, disamping itu beliau tidak mengajarkan sesuatu yang tidak beliau kerjakan, dengan kata lain segala sesuatu yang beliau ajarkan atau berikan pada muridnya sudah atau sedang ia kerjakan sendiri.

"Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat para santri maupun jamaahnya simpatik terhadap kepribadian beliau, sehingga petuah dan ajaran-ajarannya dapat diterima dan sangat diperhatikan oleh para jamaah pada umumnya dan oleh para santri pada khususnya," ungkapnya.

Salah satu kelebihan Mbah Dim yang tidak banyak dimiliki kiai lain adalah kemampuannya dalam kewirausahaan.

Baca Juga: Tiket Piala Presiden Belum Dijual, Persib Bandung Masih Melakukan Verifikasi Akun Calon Penonton

"Tak hanya mengajar mengaji, beliau memiliki berbagai usaha yang menghasilkan uang sekaligus melatih para santrinya untuk bisa berwirausaha, terutama dalam bidang pertanian dan perikanan. Beliau juga dikenal sebagai kiai yang banyak memiliki ilmu hikmah atau ilmu kesaktian. Hal ini menambah kewibawaannya di kalangan masyarakat," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x