Pastikan Hewan Ternak Sehat Jelang Idul Adha, Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi PMK

- 20 Mei 2022, 08:04 WIB
Ilustrasi. Pastikan Hewan Ternak Sehat Jelang Idul Adha, Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi Wabah PMK.
Ilustrasi. Pastikan Hewan Ternak Sehat Jelang Idul Adha, Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi Wabah PMK. /Antara/Ari Bowo Sucipto/


Literasi News - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dilaporkan menyerang ribuan hewan ternak disejumlah daerah di tanah air. Wabah PMK sebagaimana diketahui disebabkan oleh virus kelompok Apthovirus dari keluarga picornaviridae.

Kendati tidak menyerang manusia, akibat wabah PMK ini dinilai dapat mengganggu pasokan hewan ternak jelang perayaan Idul Adha.

Mengantisipasi meluasnya wabah PMK Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Asep Suherman mendesak pemerintah Provinsi Jawa Barat segera gerak cepat.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dibuka Kembali 23 Mei 2022, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

"Pemprov harus segera melakukan tindakan yang strategis terhadap kasus wabah penyakit hewan ini, dikarenakan saat ini akan menjelang Hari Raya Idul Adha, jadi dipastikan hewan ternak harus dalam keadaan sehat. Apalagi Jawa Barat punya populasi hewan ternak yang cukup besar," ujar kepada wartawan Senin, 16 Mei 2022.

"Salah satunya pemeriksaan secara ternak secara menyeluruh disentra-sentra peternakan di setiap kota dan Kabupaten di Jawa Barat," sambungnya.

Politisi PKB ini juga mengimbau pemilik ternak di Jawa Barat untuk berhati-hati dan selalu waspada.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Jawa Barat khususnya pemilik ternak bahwa saat ini sedang marak penyakit yang menyerang hewan ternak yang berkuku seperti sapi, kuda, untuk itu kita harus tetap waspada," ujarnya.

Baca Juga: 18 Link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2022 Bingkai Menarik dan Simpel untuk Dibagikan pada 20 Mei

Asep juga mengimbau untuk para peternak juga untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan kesehatan hewan peliharaan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x