Komisi II Dorong Pemprov Salurkan Dana BTT untuk Desa Sebagai Ujung Tombak Penanganan PMK Hewan Ternak

- 19 Mei 2022, 22:29 WIB
Antisipasi Penyebaran PMK, Komisi II DPRD Jabar Dorong Pemprov Segera Salurkan Bantuan Kepada Pemilik Ternak.
Antisipasi Penyebaran PMK, Komisi II DPRD Jabar Dorong Pemprov Segera Salurkan Bantuan Kepada Pemilik Ternak. /Antara/Kornelis Kaha

Literasi News - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mengeluarkan sejumlah rekomendasi Dalam rangka penangangan wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) terhadap hewan ternak di Jawa Barat.

Rekomendasi ini disampaikan usai pihak Komisi II DPRD Jabar melakukan rapat bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan Provinsi Jawa Barat, dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat dan Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED) Provinsi Jawa Barat pada Rabu, 18 Mei 2022.

Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati menyampaikan pihaknya mengeluarkan tujuh rekomendasi terkait wabah penanganan PMK ini.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dibuka Kembali 23 Mei 2022, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

"Agar anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera disalurkan sehingga dapat memberikan manfaat khususnya kepada para pemilik hewan ternak kaki empat yang terdampak Penyakit Mulut dan Kaki (PMK)," kata Rahmat dalam rilisnya yang diterima wartawan Kamis, 19 Mei 2022.

Diantaranya berupa obat-obatan, vitamin, vaksin, dan disinfektan serta jaminan bagi para peternak yang hewan ternaknya terpapar.

Kedua, pemerintahan Desa diharapkan menjadi ujung tombak dalam penanggulangan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Ketiga, dalam penanggulangan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) harus ada koordinasi dan kerjasama dengan beberapa OPD lainnya "Seperti Satpol PP dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat," ujar Rahmat.

Baca Juga: 12 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2022, Sangat Inspiratif dan Penuh Semangat

Keempat, melakukan karantina terhadap hewan ternak yang sudah terpapar agar tidak
menularkan kepada hewan ternak yang lain.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x