Sejarah Singkat Berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), yang Akan Diperingati Pada 31 Januari 2022

- 28 Januari 2022, 14:41 WIB
Sejarah Singkat Berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), yang Akan Diperingati Pada 31 Januari 2022.
Sejarah Singkat Berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), yang Akan Diperingati Pada 31 Januari 2022. /nu.or.id/

Literasi News - Sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan asal mula peringatan Harlah NU ke-96 yang jatuh pada 31 Januari 2022 mendatang.

Dimana sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama dilatarbelakangi oleh problem keagamaan global yang dihadapi para ulama pesantren.

Ialah ketika Dinasti Saud di Arab Saudi yang ingin membongkar makam Nabi Muhammad SAW karena menjadi tujuan ziarah seluruh Muslim di dunia yang dianggap bid'ah.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022 Menarik dan Keren

Seperti dilansir dari laman NU Online bahwa sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) dan asal mula peringatan Harlah NU ke-96 yang diperingati pada 31 Januari 2022 mendatang berangkat dari berangkat dari sejarah pembentukan Komite Hijaz.

Dalam lanjutan Dinasti Saud. Raja Saud ingin menerapkan kebijakan untuk menolak praktik bermazhab di wilayah kekuasaannya. Alasannya hanya ingin menerapkan Wahabi sebagai mazhab resmi kerajaan.

Rencana kebijakan tersebut lantas dibawa ke Muktamar Dunia Islam (Muktamar 'Alam Islami) di Mekkah.

Choirul Anam (2010) mencatat bahwa KH Abdul Wahab Chasbullah bertindak cepat ketika umat Islam yang tergabung dalam Centraal Comite Al-Islam (CCI) dibentuk tahun 1921.

Kemudian bertransformasi menjadi Centraal Comite Chilafat (CCC) dibentuk tahun 1925 akan mengirimkan delegasi ke Muktamar Dunia Islam di Makkah tahun 1926.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x