Keberangkatan Jamaah Umrah Indonesia Kembali Tertunda Hingga Tahun 2022, Simak Penjelasan Kemenag

- 18 Desember 2021, 11:18 WIB
Ilustrasi ibadah Umrah.* Pelaksanaan ibadah umrah kembali ditunda hingga tahun 2022 nanti. Sehingga keberangkatan jamaah umrah Indonesia terpaksa kembali tertunda.
Ilustrasi ibadah Umrah.* Pelaksanaan ibadah umrah kembali ditunda hingga tahun 2022 nanti. Sehingga keberangkatan jamaah umrah Indonesia terpaksa kembali tertunda. /ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/foc/

Literasi News - Pelaksanaan ibadah umrah kembali ditunda hingga tahun 2022 nanti. Sehingga keberangkatan jamaah umrah Indonesia terpaksa kembali tertunda.

Hal itu setelah adanya imbauan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Keputusan tersebut diambil setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu 18 Desember 2021, dilansir Antara.

"Kami tentu mengutamakan aspek perlindungan jamaah di tengah pandemi Covid-19. Terlebih setelah adanya varian baru Omicron. Untuk itu, keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal tahun 2022, kita berharap kondisi segera membaik," kata Hilman.

Baca Juga: Ini Skenario Pemberangkatan Jamaah Umrah Indonesia, Berikut Penjelasan Menteri Agama

Baca Juga: Asrama Haji Pondok Gede Jadi Tempat Karantina Jemaah Umrah, Simak Penjelasan Kemenag

Dia menjelaskan, secara umum asosiasi PPIU mendukung imbauan pemerintah untuk menunda keberangkatan ke luar negeri. Meski diakui ada kekecewaan dan kesedihan, karena rencana umrah sudah lama tertunda, namun semua pihak memahami kondisi pandemi yang belum usai, bahkan muncul varian baru.

"Ada harapan agar tetap ada pemberangkatan, meski jumlahnya diperkecil. Secara umum asosiasi PPIU memahami dan menaati imbauan untuk tidak ke luar negeri," kata Hilman.

Harapannya, tambah dia, agar imbauan ini diberlakukan kepada seluruh rencana penerbangan ke luar negeri, tidak hanya umrah saja.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x