Prakiraan Cuaca BMKG Kamis 16 Desember 2021, Waspada Hujan Lebat Dipicu Siklon Tropis

- 16 Desember 2021, 10:44 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kamis 16 Desember 2021, Waspada hujan lebat dipicu Siklon Tropis.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kamis 16 Desember 2021, Waspada hujan lebat dipicu Siklon Tropis. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Berikut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Kamis 16 Desember 2021, berpotensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia.

Berdasarkan data BMKG dilansir Antara Kamis 16 Desember 2021, diprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas sedang hingga lebat, yang dipicu dampak tidak langsung siklon tropis Rai.

BMKG memantau masih terdapat siklon tropis Rai di Samudra Pasifik Timur Filipina dengan tekanan rendah 970 milibar dan Kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot.

Kondisi itu diprakirakan semakin menguat intensitasnya hingga Kamis 16 Desember 2021 ini dan bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

BMKG mengimbau masyarakat di sejumlah wilayah untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari siklon tropis Rai, terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Selatan Jawa Timur, Belasan Rumah di Jember Rusak

Sedangkan awan hujan diprediksi bergerak ke wilayah Sulawesi Tengah, bagian utara Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Masyarakat juga perlu waspada adanya potensi angin kencang antara lain di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat bagian utara.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, sebagian wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian besar wilayah Kalimantan, sebagian besar wilayah Sulawesi, Papua Barat dan Papua.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang baik disertai kilat maupun petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x