Sejarah, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, 'Santri Siaga Jiwa Raga'

- 7 Oktober 2021, 12:20 WIB
Sejarah, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, 'Santri Siaga Jiwa Raga'.
Sejarah, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, 'Santri Siaga Jiwa Raga'. /Kemenag

Literasi News - Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. Tanggal ini mengacu pada keputusan Presiden pada tanggal 22 Oktober 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 Jakarta.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta kontribusi para Kyai dan Santri (pesantren) dalam upaya mempertahankan kemerdekaan atas Belanda.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional merujuk pada salah satu peristiwa bersejarah saat KH Hasyim Asy'ari dan para santri menyerukan resolusi untuk melakukan jihad melawan pasukan Kolonial di surabaya pada 22 Oktober 1945.

Baca Juga: Resolusi Jihad NU: Sejarah Singkat Hari Santri Nasional

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Tema Hari Santri Nasional 2021

Pada tahun 2021 Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari Jum'at 22 Oktober 2021 dengan usia peringatan ke -6 dengan tema "Santri Siaga Jiwa Raga".

Tema tersebut adalah sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x