Pemalsuan Surat Swab Antigen dan PCR Terungkap, Polres Cianjur Tangkap 3 Tersangka, Satu Orang Pegawai Dinkes

- 4 Mei 2021, 15:09 WIB
Kasus Pemalsuan Surat Swab Antigen dan PCR Diungkap Satreskrim Polres Cianjur, Seorang Tersangka Pegawai Dinkes
Kasus Pemalsuan Surat Swab Antigen dan PCR Diungkap Satreskrim Polres Cianjur, Seorang Tersangka Pegawai Dinkes /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Jawa Barat berhasil mengungkap kasus pemalsuan surat keterangan hasil swab antigen dan swab polymerase chain reaction (PCR). Dalam kasus tersebut tiga tersangka diamankan, seorang diantaranya pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur.

Pengungkapan kasus itu berawal dari tertangkapnya seorang sopir travel gelap berinisial MR oleh jajaran Satreskrim Polres Cianjur, karena dicurigai memiliki surat keterangan swab palsu.

Setelah berhasil menangkap tersangka MR, polisi kembali melakukan pengembangan terkait dugaan kasus tersebut. Kemudian berhasil menangkap tersangka berinisial JAB yang merupakan pembuat surat keterangan palsu tersebut.

Baca Juga: Menteri PANRB : Tindak ASN yang Langgar Larangan Mudik

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai, mengatakan dari dua orang tersangka yang berhasil diciduk. Polisi juga terus melakukan pengembangan dan berhasil menangkap seorang pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur berinisial AR.

Rifai mengungkapkan, dalam kasus tersebut, tersangka AR bertugas menyediakan softcopy surat keterangan, dan stempel dari dinas kesehatan setempat yang diserahkan kepada tersangka JAB.

"Tersangka JAB yang melakukan proses editing surat keterangan palsu itu agar terlihat sama dengan aslinya yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur," kata Rifai kepada wartawan, Selasa 4 Mei 2021.

Baca Juga: Begini Cara Buat e-KTP, KK, dan Akta di Kabupaten Kebumen, Cukup Gunakan Layanan Online Pancen Maen

Tersangka JAB, lanjutnya, mendapatkan softcopy surat keterangan itu dari tersangka AR dan untuk tersangka MR hanya membeli surat keterangan palsu itu dari JAB.

Rifai mengungkapkan, ketiga tersangka sudah diamankan dan tengah dimintai keterangan oleh penyidik Satreskrim Polres Cianjur.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X