BNPB Kerahkan Tiga Helikopter, Dukung Percepatan Penanganan Darurat Banjir Bandang NTT

- 6 April 2021, 22:25 WIB
Kepala BNPB Letnan Jendral TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo (kanan) meninjau lokasi banjir bandang yang melanda Kabupaten Lembata, Flores, NTT. BNPB Kerahkan Tiga Helikopter, Dukung Percepatan Penanganan Darurat Banjir Bandang NTT /Komunikasi Kebencanaan BNPB/Apri Setiawan/

Literasi News - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan tiga helikopter dalam rangka memberikan dukungan penuh penanganan darurat banjir bandang di NTT.

"Dalam rangka memberikan percepatan penanganan banjir di NTT, helikopter dikerahkan guna memberikan bantuan logistik dan keperluan lainnya," kata Kepala BNPB Letnan Jendral TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo.

Ia mengungkapkan tiga Helikopter berjenis Heli MI-8 dengan daya angkut delapan ton, Heli Kamov 32 A dengan daya angkut lima ton, dan Heli EC-115 dengan kapasitas dua belas seats.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Tarawih dan Salat Idul Fitri Berjemaah. Berikut Ini yang Harus Dipatuhi

"Dua helikopter difungsikan untuk menjangkau distribusi logistik di beberapa desa terisolir pasca terputusnya akses diakibatkan longsor," katanya dikutip Literasinews dari laman resmi BNPB.

Sementara satu helikopter lainnya untuk mengakomodir para warga yang membutuhkan pertolongan darurat terutama kelompok rentan. Kemudian termasuk pula mengangkut para tenaga medis yang ditugaskan di posko penanganan darurat.

BNPB melakukan koordinasi dengan TNI-Polri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, Gubernur NTT, Bupati Flores Timur, BPBD Flores Timur, dan tim gabungan lainnya agar segera menambah alat berat guna proses evakuasi terhadap korban yang tertimbun lumpur.

Baca Juga: BNPB : Rp10 juta - Rp50 juta Untuk Renovasi Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang

Selain itu penyediaan bahan logistik dan non logistik juga sudah terdistribusi di beberapa lokasi terdampak. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, untuk melakukan percepatan penanganan darurat banjir bandang di wilayah NTT dan NTB.

Doni Monardo melakukan peninjauan pasca bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Lembata, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 6 April 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X