BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan 3-9 April 2021, Terdeteksi Dua Bibit Siklon Tropis

- 3 April 2021, 20:52 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan 3-9 April 2021. BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis
Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan 3-9 April 2021. BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis /Pixabay/Free-Photos/

Literasi News - Masyarakat diminta agar hati-hati dan mewaspadai potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan, mulai 3-9 April 2021. Peringatan kewaspadaan itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyusul terdeteksinya dua bibit siklon tropis.

"Dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Sabtu.

BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta, mendeteksi ada dua bibit siklon tropis, yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Tim Densus Antiteror 88 Mabes Polri Menangkap Penjual Air Gun Kepada Pelaku Teror ZA di Banda Aceh

Intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Namun secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Baca Juga: DPW PGM Jawa Barat Gelar Muswil di Bogor, 17 DPD Dukung Hasbulloh

Dalam sepekan, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

"Potensi hujan sangat lebat diprediksi di Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur," ujarnya dikutip Literasinews dari laman Antara.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x