Gempa 5,5 M Guncang Sulawesi Utara. BMKG: Aktivitas Subduksi Sangihe Talaud

- 1 April 2021, 20:15 WIB
Gempa 5,5 M Guncang Sulawesi Utara. BMKG:  Aktivitas Subduksi Sangihe-Talaud
Gempa 5,5 M Guncang Sulawesi Utara. BMKG: Aktivitas Subduksi Sangihe-Talaud /BMKG/

Literasi News - Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Sulawesi Utara, Kamis 1 April 2021 sore sekitar pukul 17:12 WIB.

Pada laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), disebutkan pusat gempa berada di laut 61 kilometer Barat Daya Melonguane, kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Tahuna dan Siau, II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Cabai Rawit Murah Rp32 Ribu per Kg di 25 Lokasi. Berikut ini Tempat dan Waktunya

BMKG menyebutkan gempa terjadi pada koordinat 3,45 Lintang Utara-126,67 Bujur Timur, dan getarannya dirasakan II MMI di Tahuna dan Siau. Gempa bumi teknonik tersebut akibat aktivitas subduksi Sangihe Talaud.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Sangihe-Talaud," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno di Jakarta, Kamis.

Bambang menjelaskan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip).

Baca Juga: Dapatkan Bukti yang Cukup, KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sebagai Tersangka

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,53 Lintang Utara dan 126,70 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 kilometer arah Selatan Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 80 kilometer.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x