Ada Tiga Kasus KIPI Selama Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Cianjur

- 5 Maret 2021, 09:51 WIB
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan Ada Tiga Kasus KIPI Selama Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Cianjur /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat terdapat tiga kasus Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah itu.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan seluruh kasus yang terjadi itu di alami para tenaga kesehatan.

"Selama berlangsungnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cianjur tercatat ada tiga kasus KIPI. Seluruhnya di alami tenaga kesehatan," kata Yusman, kepada wartawan, Jumat 5 Maret 2021.

Baca Juga: Tilang Elektronik di Bekasi Mulai Berlaku Pertengahan Maret 2021

Yusman menyebutkan, kasus KIPI tersebut seluruhnya terjadi pada saat pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di lingkungan fasilitas layanan kesehatan.

"Rata-rata para pasien KIPI mengalami gejala mual, lemas, dan kebas setelah mereka menjalani vaksinasi Covid-19," jelasnya.

Yusman memastikan, kejadian KIPI cenderung ringan dan dapat membaik dengan sendirinya serta tidak selalu terjadi pada setiap orang yang diimunisasi.

Baca Juga: 14 Lokasi Gerai Samsat Keliling, Jumat 5 Maret 2021 untuk Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, lanjut Yusman, pihaknya telah membentuk kelompok kerja (Pokja) KIPI yang ada di tiap fasilitas layanan kesehatan.

"Kami sudah memiliki Pokja KIPI, yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Cianjur. Di setiap fasilitas layanan kesehatan sudah tersedia," tandasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X